PENGUMPULAN BAHAN INFORMASI TENTANG PENGASUHAN DAN PEMBINAAN TUMBUH KEMBANG ANAK

By admin 20 Des 2018, 12:07:34 WIBUtama

PENGUMPULAN BAHAN INFORMASI TENTANG PENGASUHAN DAN PEMBINAAN TUMBUH KEMBANG ANAK

Keterangan Gambar : Pemaparan Narasumber


Banyaknya kegagalan dalam pengasuhan anak, bukan karena kurangnya kasih sayang orang tua pada anak, melainkan karena sebagian orang tua tidak tahu bagaimana cara mengasuh yang baik dan benar. Padahal orang tua adalah orang yang mempunyai peranan penting dalam proses asuh, asah dan asih bagi anak-anak mereka. Untuk menjadi orang tua yang sukses tentunya tidaklah mudah. Tidak ada kelas khusus secara formal bagi orangtua untuk mendidik dan membesarkan anak-anaknya.

Dalam perjalanan hidup manusia, periode usia anak di bawah lima tahun (balita) merupakan periode paling rumit dalam menentukan kualitas hidupnya di masa yang akan datang. Pengajaran dan pendidikan yang diberikan pada awal kehidupan ini menjadi modal dasar bagi kebahagiaan dan kesuksesan di masa dewasanya. Mendidik anak di masa sekarang di mana teknologi informasi berkembang dengan pesat (era layar) membutuhkan keterampilan mengasuh yang memadai dan konsep diri yang positif agar mampu berkomunikasi dan menerapkan disiplin dengan kasih sayang.

Dalam kegiatan tersebut menghadirkan Narasumber yaitu Ketua TP-PKK Kabupaten Tapanuli Selatan Ny. Syaufia Lina M.Pasaribu, mengatakan “4 Prinsip hak anak yaitu kepentingan terbaik untuk semua anak, perkembangan kelangsungan hidup, komunikasi dan menghargai pendapat anak, non diskriminasi / tidak membandingkan dengan anak lain.”

“terhadap anak, hendaknya kita memberikan contoh perbuatan, bukan hanya perintah atau suara, karena anak akan menirukan apa yang orang tua lakukan”, lanjutnya

Tantangan kehidupan di zaman now dan masa depan yang akan terus dihadapi orang tua adalah “Kemajuan teknologi seperti internet, HP dan game, tidak semua keinginan anak harus dituruti apalagi tentang gadget, banyaknya tayangan TV yang kurang mendidik, mengajari anak bersifat konsumtif/hedonis, dan bahaya Narkoba”, tuturnya.

“Kemudian Peran keluarga atau orangtua sangat berpengaruh bagi perkembangan anak untuk masa depan mereka. Orangtua harus bisa menjadi teman yang baik bagi anak, memberikan support dengan penghargaan, membimbing anak dengan keteladanan dan pujian atas prestasi yang dimiliki”, jelasnya.(10/04/2018).



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • Contextual Backlink Fiverr

    Hi there! I just wanted to ask if you ever have any issues with hackers? My last ...

    View Article
  • Alat musik Bali

    nah ini baru ada manfaatnya untuk masyarakat https://harianriez.com/alat-musik-bali/ ...

    View Article
  • sablon kaos murah bandung priangan

    mantapp ...

    View Article
  • sablon kaos murah bandung priangan

    mantapp ...

    View Article